Translate

Sabtu, 18 Agustus 2012

am i learn something? not really sure.

detik detik buka puasa terakhir.
sejauh ini batal sekali karena demam.



malam ini tak banyak yg spesial pesan demi pesan berdatangan untuk mengucapkan maaf dalam rangka rutinitas tahunan di bulan idul fitri, bukan hal yg buruk dan tidak ada yg protes, stiap orang memiliki alasan masing2 dalam meneruskan tradisi.

sudah 9 bulan sejak lulus dan sudah 2 bulan sejak menjadi jobseeker. target mendapatkan kerja Management trainee ternyata tidak mudah, jika tidak diikuti keseriusan dan kerja keras.
tidak ada alasan yang banyak kenapa harus melakukan hal tersebut.
meskipun terkadang motivasi harus diciptakan bukan ditunggu.
namun,
dua bulan yang berlalu tidak akan gwa biarkan sia sia.
banyak hal yang bisa di bahas.
salah satu nya tentang teknik dalam menghadapi tes tes masuk Management trainee.
hasil dari berbagai sharing dan masukan dari kerabat.
pengalaman pribadi di dapat dari auto2000, bca, dan acc astra.

untuk masalah pengertian management trainee ini sendiri dalah suatu program yang melatih calon calon pimpinan management dengan jangka waktu kurang lebih 1 tahun. ini adalah program yang diciptakan oleh perusahaan perusahaan untuk mendapatkan sumber daya manusia yang super sehingga dapat memenuhi posisi posisi strategis dalam perusahaan, hal ini membuktikan bahwa perusahaan akan sadar globalisasi menyadari bahwa perubahan dan pengembangan setiap individu berbeda-beda.



penjelasan hal ini sangat penting, agar kita memahami tujuan program itu sendiri, sehingga kita dapat memahami benar apa yang akan kita hadapi nanti.. persaingan tes, tahap tes, kelas, dan ujian akhir..
segalanya dilakukan dengan cepat dan tepat, itulah suasana yang akan di hadapi calon pemimpin.
manusia super adalah sumber daya manusia yang sesuai untuk posisi ini.
jika anda telah lolos program ini berarti anda adalah manusia super, manusia diatas rata rata.
kecerdasan , kerja keras, keinginan dan keberuntungan dipertaruhka disini.

Management trainee adalah program musiman,
bisa 1 tahun sekali (BI, unilever),
bisa sebulan sekali (soempoerna)
4 bulan sekali (Mandiri)
bisa 4x sebulan (BRI, BCA, Astra dll),
musiman tapi rata rata demikian.
tergantung kebutuhan dan ketersediaan tempat untuk ujian masuk.

fakta lain tentang management trainee adalah setiap perusahaan punya nama masing masing dalam istilah management trainee ini. contoh nya
ODP (operational Development Program),
BDP (BCA Development program),
MDP(Management Development Program),
BDP (Business Development Program),
FTLP( Fast Track Leadership Programme) ,
MA (Management Associate Programm)
UFLP (Unilever Futere Leader Program)
MDS (management Development Staff)
PPS (Program Pengembangan Staff)
TCB (The Complete Banker)
BPS (Bimbingan Profesi Sarjana)
PCPM (Pendidikan Calon Pegawai Muda) (pendidikan calon perwira muda)
dsb

fakta paling penting management trainee adalah jika tidak lolos harus menunggu hingga waktu delay.
bisa 6 bulan (astra internasional, auto2000)
bisa 1 tahun (mandiri, BI, BRI)
bisa 2 tahun (Bca)
jadi klo ingin "try and learn" jangan MT di perusahaan strategis, tapi di MT perusahaan lain.

proses proses tes MT pada umum nya seperti ini :
biasanya tahap seleksi administrasi, tes psikolog 1, tes psikolog 2 dan wawancara psikolog dilakukan oleh pihak outsourcing yang dipercaya perusahaan, biasanya sih langganan, setelah wawancara psikolog, data CV dan hasil psikotes langsung pindah tangan ke HRD perusahaan.
1) Seleksi Administrasi
     yang diperhatikan di sini adalah :
     > Foto : fotolah semenarik mungkin, karena judge book from the cover sangat mempermudah   HRD dalam melakukan seleksi administrasi (dan juga menyenangkan).
     > Kampus : lulusan UI, UGM, ITB, UNPAD, ITS (negeri) UPH, Binus (swasta) selamat anda menjadi prioritas. sisa nya akan di perhitungkan berdasarkan akreditasi fakultas dan juga jurusan.
     >IPK : etooo,,, ini sangat penting jika dirimu(foto) dan keberadaan dirimu(kampus) kurang diakui oleh perusahaan.
untuk proses tes MT design dan susunan CV tidak terlalu di perhatikan, secara persaingan sesungguhnya akan di mulai di tes kedua, karena itu HRD tidak akan menghabiskan tenaga di awal hanya untuk melihat susanan dan design CV satu per satu secara pula lamaran yang mengincar MT sangatlah banyak.

2) Tes psikolog 1
     ini adalah tes kerja keras dan tes IQ.
     biasanya terdiri dari Koran angka, tes matematika, tes bahasa (persamaan, lawan kata), tes non verbal.
     klo merasa kurang cerdas, ada baiknya untuk latihan dengan buku2 psikotes yg akhir2 ini memenuhi garis depan gramedia dan toko gunung agung.
     hasil tes ini biasanya langsung diumumkan 2 jam setelah tes. dan biasanya menghabiskan 10-20% partisipan. tidak jarang tes 1 dan tes 2 jadi satu tes, biasanya dilakukan oleh perusahaan yg kebanyakan duit.

3) Tes Psikolog 2
    ini adalah tes kepribadian
    biasanya terdiri dari, meneruskan gambar 8 kotak, gambar manusia, gambar pohon, dan meneruskan cerita. terkadang juga memilih pernyataan pernyataan a dan b sebanyak 250 soal. tes ini tidak perlu banyak belajar, kemungkinan gagal di tes ini dibawah 10%, selama kita waras alias tidak psikopat, tidak brutal, dan tidak kelainan seksual pasti lolos. pada konsepnya,
kotak 8 dapat kita gambar berdasarkan naluri, tidak ada jawaban yang salah, senyaman kita aja, bisa dilihat gambar2 yang bagus di google.
gambar manusia, berkacalah atau perhatikan manusia manusia sekitar, byk hal yg bs kita tiru lakukan senyaman mgkn.
gambar pohon,  perhatikan pohon2 sekitar anda yg berbuah, perhatikan sedetail mgkn, dan gambar senyaman mgkn.
meneruskan cerita, fokus pada cita-cita, proses pencapaian dan prestasi. dan tentunya tulis secepat dan senyaman mgkn.

secara keseluruhan pada tahap ini, jadilah diri kita sendiri, lakukan segala tes senyaman mgkn, hal ini dapat menguntungkan anda pula, jika anda memang tidak cocok pada syarat lingkungan kerja yg anda lamar, anda bisa berhenti tanpa mencoba nya lebih dahulu melalui tes ini. mgkn anda bisa cocok di perusahaan lain.
keuntungan lain bisa dicapai apabila kita mengikuti proses ini dengan nyaman bukan berdasarkan informasi-informasi yg mempengaruhi anda sepenuhnya, adalah keunikan kepribadian pada diri anda yg perusahaan bisa  pertahankan.setiap orang memiliki kepribadian masing-masing yang unik tapi tidak hanya itu terdapat kepribadian kepribadian istimewa yang merupakan bibit unggul untuk jadi pemimpin sejati, mungkin anda salah satunya maka dari itu untuk tahap ini jadilah diri sendiri, ini adalah saat yang tepat untuk menunjukan keberadaan kita secara personal dengan cara kita sendiri.

     setelah tes ini usai akan diteruskan dengan wawancara psikolog, jadwal wwwaancara dilakukan bergantung jumlah partisipasi yang telah lolos jika terlalu banyak yg memenuhi kualifikasi akan di bagi jadi dua atau bahkan tiga. bisa dilakukan hari ini bisa besok tergantung mood yg uji.

3) wawancara psikolog
    pada tahap ini plis jangan stress, ini bukan akhir dari perjuangan disamping itu pula kemungkinan tidak lolos pada tahap ini tidak besar hanya 20-30% karena tahap ini sesungguhnya hanya memastikan apakah CV kita itu benar atau tidak, jawaban yang lancar dan panjang adalah jawaban yg diinginkan, karena kebanyakan itulah jawaban yang jujur. senyum adalah kunci setiap wawancara, hal senderhana tapi dapat mempengaruhi berjalannya pertanyaan.
pada tahap ini anda dapat menyesuaikan diri pada pewawancara anda, biasanya pewawancara yg memiliki background pengalaman selain HRD perusahaan terlihat lebih ramah dan dekat di hati ketimbang pewawancara yang memiliki background HRD perusahaan yang nampak bertanya bernada introgasi dan arogan mgkn karena keseringan mecat-in orang dan dikutuk byk orang x___x.
mau siapa pun pewawancara sebisa mgkn untuk menjelaskan prestasi-prestasi yang pernah kita raih, dalam organisasi, dalam kelas, dalm keluarga, dalam sosial, dan dalam diri sendiri.
jika sulit menemukannya, renungkan dengan orang2 terdekat, banyak hal yg menurut kita biasa saja namun menurut orang lain luarbiasa. jadilah diri sendiri jika tidak lolos ya lagi tidak beruntung atau mmg kita mgkn lebih cocok jadi owner nya ketimbang jadi pegawainya.. haha

sejauh ini segini dulu, banyak hal lain yg harus gwa lakukan di luar sana (halah)
selamat menikmati hari puasa terakhir 2012

  bersambung ke hari lain~
4) grub diskusi/ dinamika kelompok/ Focus Grub Discussion
5) Wawancara HRD
6) Wawancara User

Tidak ada komentar:

Posting Komentar