Translate

Jumat, 28 Februari 2014

Cara Menghadapi Interview/ Wawancara yang tepat dan cerdas!

yak selamat siang Jobseekers!
saya mau minta maaf sedalam dalamnya karena lanjutan "proses management trainee" baru saya buat sekarang, hal itupun terjadi karena banyak yang minta untuk dilanjutkan. posting ini menghubungkan dua tujuan pertama melanjutkan posting "Apa itu MT?" dengan posting tentang "menghadapi interview/ wawancara yang tepat dan cerdas!"

kita akan review kembali tentang apa itu Management trainee. mungkin ada sedikit perbedaan dari penjelasan pada posting sebelumnya karena management trainee setiap perusahaan terus berkembang dan berubah mengikuti kepentingan perusahaan dan juga informasi informasi terbaru yang telah saya dapat dari berbagai media.

jadi Management Trainee pada konsep dasarnya diciptakan untuk internal, dmana karyawan karyawan yang loyal dan berprestasi di promosikan dan dipersiapkan untuk calon pemimpin muda di barisan manajemen. namun, perkembangan perusahaan yang demikian cepat membuat perusahaan tersebut membutuhkan banyak pemimpin muda yang cerdas, karena dari internalnya sendiri tidak banyak yang memenuhi kriteria, alasan lain adalah bahwa barisan internal akan sulit melakukan perubahan kepada perusahaan karena berada dalam satu perahu. perubahan akan mudah di dapat dari sebuah idelisme mahasiswa dan juga paradigma di luar perusahaan.

berdasarkan alasan tersebutlah dibentuk Management trainee yang dikhususkan Fresh Grade, dengan paradigma yang masih netral, keinginan belajar yang masih besar, dan cenderung masih bersikap idealis. fresh grade inilah dipandang anak baru lahir oleh perusahaan yang siap di doktrin dan di kembangkan oleh ilmu ilmu dari perusahaan. meski demikian tidak semua petinggi menyetujui program ini, dengan Modus bahwa program ini menelan banyak investasi dengan hasil yang masih tidak pasti, ada beberapa alasan mendasar, pertama, gengsi, dengan umur lebih muda, gaji lebih besar, dan kedudukan setara, dan kedua ketakutan, ketakutan akan bersaingnya dengan pemimpin pemimpin muda tersebut, karena sudah rahasia umum bahwa pemimpin berpengalaman dengan pemimpin muda idealis selalu konflik, dan rata rata pemimpin muda idealis tersebut mampu belajar lebih cepat dibandingkan pemimpin yang berpengalaman. yang jika ini berlanjut akan melengserkan pemimpin pemimpin lama. banyak hal yang dapat menjadikan modus dan alasan, namun kita tidak dapat menghindari bahwa teknologi terus maju dan persaingan akan terus sengit, perusahaan yang tidak dapat belajar dan bergerak lebih cepat akan terus tertinggal tampa perlawanan berarti. karena hal tersebutlah banyak pengembang sumber daya manusia dalam perusahaan menyadari perlunya meningkatkan sumber daya muda yang penuh dengan kreatifitas, idealisme, dan siap untuk menduduki posisi menejemen perusahaan. hal ini tidak pernah diragukan sedikit pun dalam dunia psikologi perusahaan karena sudah banyak penelitian yang dengan hasil positif tentang pentingnya SDM Muda di jajaran manajemen terhadap pengembangan perusahaan dan persaingan global.

dengan berkembangnya pemikiran demikian, MT mulai dimodifikasi, MT sekarang tidak perlu mempelajari semua divisi, dan tidak perlu terikat kontrak yang sangat lama, MT sekarang berkembang menjadi MT yang fokus pada beberapa divisi, seperti Audit, Teknologi Informasi, dan Marketing, dan rata rata kontrak hanya 2-3 tahun saja, dengan pinalty 30-80 juta jika keluar karena wanprestasi dari kontrak tersebut. hal ini timbul karena memang perusahaan butuh pemimpin muda di beberapa divisi khusus atau memang MT mulai menjadi tren di kalangan segala jurusan untuk memulai karir. hal tersebut tidaklah salah, logika dasar adalah, sangat disayangkan IPK diatas 3 jika hanya langsung berkerja. saran dari saya jika ipk diatas 3 adalah, masuklah program pendidikan karir seniat mungkin, atau ikutilah beberapa beasiswa untuk melanjutkan s2 selagi otak belajar masih panas.

baiklah, setelah panjang lebar, saya akan mulai lanjutan proses seleksi MT yang sebenarnya sama dengan seleksi seleksi karyawan baru lainnya hanya saja MT tingkat seleksi nya lebih tinggi dan detail. setelah melalui jalur administrasi, psikotes 1 dan psikotes 2, serta interview pihak psikolog atau nama lainnya konsultan perusahaan dari pihak outsource, selanjutnya adalah seleksi langsung dari pihak internal perusahaan tersebut yang terdiri dari, FGD(forum grub discussion), Interview HRD, dan Interview USER yang biasanya Panel bersama direksi direksi yang berkepentingan.


4) FGD (Focus Grub Discussion)
adalah grub yang diberikan materi tertentu dan mendiskusikanya bersama dengan grub. FGD ini juga dikenal dengan nama lain seperti Leaderless Discussion atau diskusi tanpa pemimpin. tidak ada trik khusus dalam FGD, kunci nya hanyalah percaya diri dan jadilah pribadi yang disukai untuk diajak diskusi. dan inilah hal hal yang harus diperhatikan saat melakukan focus grub discussion yang sering kurang disadari :
 1. berikan ide pendapat bukan mematahkan pendapat lain, LAH, lalu bagaimana cara mempertahankan pendapat tanpa mematahkan pendapat lain? jadi lah diri dengan pribadi yang indah, itu. 
maksud saya adalah kemukakan pendapat anda dengan nada rendah, tersenyum dan gunakan kalimat yang baik. kalimat yang baik adalah, kalimat yg memberikan suatu pandangan yang mendukung pendapat kita. jangan sekali kali merendahkan pendapat lawan diskusi. berilah pendapat yang berbobot gunakan logika, informasi dan pengalaman pengalaman, dan jika mampu berilah ilustrasi atau analogi, jika memang dibutuhkan. fokuslah dengan menyelesaikan diskusi dengan pribadi yang indah.
 2. Mengalah bukan berarti Kalah, LAH, bagaimana mau kepilih kalau kalah debat? itu hanyalah ilusi.
maksud saya jika sudah maksimal menyampaikan pendapat yang baik 2x namun lawan diskusi mayoritas sepakat, terimalah dengan lapang dada, karena sebenarnya itu nilai tambah. situasi berbeda jika anda tidak mengalah dan berakhir tetep kalah dan terlihat seperti pribadi yang sulit untuk diajak diskusi. kemenangan dalam FGD hanyalah ilusi tidak ada nilai tambah jika kalian hanya debat kusir yang saling tidak memahami.
 3. Hentikan bertindak seperti pahlawan kesiangan! LAH maksud lo? jadilah penduduk sipil yang baik.
maksud saya adalah, banyak orang berfikir bahwa jika berinisiatif akan mendapat nilai tambah, seperti mengajukan diri sebagai pemimpin atau juru bicara, berinisiatif membuka pembicaraan, atau mencari ide ide unik yang menarik perhatian, bahwasanya inisiatif disini seperti palu bermata dua, jika anda memang tidak mahir dalam tugas tersebut jangan mencoba untuk melakukannya, biarkan mereka yang telah terbiasa melakukannya melakukan tugasnya. jika anda mencoba dan gagal menjadi juru bicara dimana anda di tanya sebagai juru bicara tidak bisa menjawab pertanyaan. dan saat anda buka pembicaraan, pembicaraan anda hanyalah kosong bahkan ga nyambung dengan topik. jadi sebaiknya berhati hati lah karena memang mayoritas yang lolos seleksi ini adalah orang yang tidak berusaha menjadi pahlawan kesiangan ataupun pahlawan. mereka adalah orang orang yang murah senyum dan suka memuji pendapat orang lain dan mengemukakan "sedikit" masukan. dan bahwasanya perlu diingat mereka yang lolos adalah orang yang mencari aman dan menjadi warga sipil yang baik dan membiarkan orang lain berbuat salah. sungguh cerdik. 
 4. Diam itu Emas! LAH trus bagaimana caranya bisa dipilih klo diam aja? sabar itu disayang tuhan. 
maksud saya adalah Bicaralah yang penting dan berbobot, jika belom dapet idenya sebaiknya anda diam,  semakin anda bicara yang ga ada isi nya anda akan mengacaukan fokus diskusi grub tersebut, bicaralah saat memang ide itu muncul. hal ini juga dapat digunakan saat bertemu dengan teman diskusi yang keras kepala. terkadang jika kita menghadapi orang keras kepala, emosi kita terpancing dan menjadi pribadi yang Ga asik untuk diajak berdiskusi, lebih baik anda diam dan biarkan orang lain yang mengambil kesempatan tersebut. karena ini adalah event pedang bermata dua, jika anda berhasil menjinakan keras kepala ini anda akan mendapatkan nilai tambah yang banyak, namun jika emosi anda terpancing dan salah langkah nilai anda akan minus banyak, jadi jika anda tidak yakin untuk menghadapinya lebih baik anda diam, karena diam disayang tuhan.

Demikianlah trik trik tes forum grub diskusi, rata rata jumlah diskusi minimal 5 hingga 10 orang dan ingatlah! diskusi anda di beri waktu yang terbatas, manfaatkan waktu sebaik baik usahakan fokus pada penyelesaian, dan ingatkan teman teman kita jika waktu kita terbatas sehingga bisa fokus penyelesaian BUKAN diskusi tanpa akhir yang kita harapkan sebagai diskusi yang mengembangkan ilmu dan informasi kita. pertanyaannya adalah, bagaimana jika kita sudah melakukan saran saran tersebut dan masukan orang lain tentang FGD namun kita tetap tidak berhasil? penguji FGD memiliki data berupa hasil kita dari konsultan psikolog, apakah kita rekomendasi atau tidak, dari situ akan terlihat siapa saja yg sudah pasti lolos dari FGD karena FGD ini hanya tes komunikasi saja, LAH lalu buat apa yg ga rekomendasi bisa diundang? UNTUK memastikan saja, apakah memang benar benar tidak rekomendasi, dari sini lah kesempatan kedua anda yg mungkin tidak direkomendasi untuk unjuk gigi.

5) Interview HRD
Tujuan nya adalah untuk memastikan apakah anda tidak malu malu in saat berhadapan dengan direktur dan user. biasanya HRD akan fokus untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana sikap dan kebiasaan anda jika berkerja, untuk mendapatkan informasi tersebut, HRD mengukurnya dari kepribadian yang bisa anda ungkap (kelebihan dan kelemahan), lingkungan keluarga (pekerjaan orang tua), dan kesibukan anda di kampus (organisasi dan skripsi). kadang kadang juga bertanya tentang prestasi prestasi yang pernah di raih dan apa tujuan anda berkerja di perusahaan tersebut secara karir maupun passion. 
tidak ada trik khusus, selama anda menjadi warga sipil yang baik. bagaimana menjadi pegawai sipil yang baik? warga sipil yang baik dapat dilihat dari pakaian dan sopan santun. hal ini mungkin tidak akan masalah bagi warga yg baik, namun sulit bagi warga yang memang kurang baik. bagaimana detailnya? pertama, gunakan pakaian kerja yang rapi, jangan kusut, kotor apalagi bau tidak sedap, gunakan parfum untuk meningkatkan rasa percara diri. kedua, sopan santun, ucapkan selamat pagi dan jabat tangan, setelah slesai ucapkan terima kasih dan jabat tangan, selalu tersenyum dan rileks. duduklah jika dipersilakan, jangan makan dan minum jika tidak ditawari, hal hal sederhana, siapapun tau, tapi apakah mudah dilakukan bagi yg belum terbiasa? latihlah karena interview selanjutnya juga kurang lebih sama. dan sebenarnya interview HRD dapat juga di katakan pre-interview nya USER dan direksi. mengapa demikian? karena biasanya USER udah nitip beberapa pesan kepada HRD, seperti, tolong luluskan yang lucu dan imut, jangan di terima jika saat masuk tidak salam, tolong prioritaskan mereka yang hobbi nya membaca, dan lain sebagainya. karena hal tersebut tidak ada salahnya kita ingat ingat pola pertanyaan sang HRD, bisa jadi kunci kelulusan USER/Direksi.

6) Interview akhir
YAK. inilah perjuangan terakhir jika tidak ada tes kesehatan. tujuan interview ini sudah pasti untuk berkerja di bawah mereka. apakah anda layak jadi anak buahnya? apakah anda cocok dengannya? santailah dan selalu tersenyum, interview akhir ini sering berakhir dengan wawancara panel, atau wawancara direksi saja, atau langsung wawancara user saja. memang lebih menegangkan dengan sistem interview yang dikeroyok/panel. namun, apapun sistem nya, tujuan akhir dari seleksi ini adalah kecocokan anda dengan atasan anda. jadi kunci nya adalah buat user anda nyaman dengan anda, dengan lebih santai dan senyuman adalah modal yg cukup. karena anda tidak perlu khawatir dengan hal hal lain, fokuslah dengan membuat user/direksi nyaman. beberapa pertanyaan yang biasanya di lontarkan di interview akhir adalah prestasi anda, mengapa saya harus menerima anda, mengapa ingin berkerja disini, dan pertanyaan bonus jika user/direksi suka dengan anda adalah tentang hobbi anda, ini adalah signal positif. sisanya hanyalah improvisasi dari user/direksi tersebut yang berakar dari pertanyaan seputar kegiatan kampus/organisasi atau pekerjaan sebelumnya.

intinya adalah untuk menghadapi berbagai interview kita harus memahami tujuan interview itu sendiri, mempersiapkan berbagai jawaban sederhana pun penting, seperti hal sederhana, kelebihan dan kelemahan kita. untuk menjawab ini renungkanlah, namun triknya untuk mengetahui "kelebihan atau kekuatan anda" yang baik adalah dengan megkorelasikan pekerjaan yang anda lamar dengan sikap sikap kelebihan anda. Dan juga bagaimana anda dapat sikap positif tersebut, dari ogranisasi kah, dari keluarga kah, atau, kegiatan informal lainya. contohnya saya mudah bergaul dengan tim kerja. dan trik untuk menjawab "kekurangan atau kelemahan anda" yang baik adalah dengan mengungkapkan kelemahan anda dengan jujur namun di tambahkan bagaimana anda menghadapi kelemahan anda tersebut, sebisa mungkin merangkai kata-kata seindah mungkin sehingga kalimat kelemahan anda menjadi kelebihan anda. contoh lengkapnya saya sudah sajikan dalam bentuk bahasa inggris yang saya buat berdasarkan pengalaman,  dapat anda lihat di drive google saya atau posting "contoh jawaban interview yang tepat dalam bahasa inggris"

Sekian! pekerjaan rumah dari 2012 telah selesai, akhirnya selesai juga.
mungkin suatu saat akan saya tambah tambahkan kembali, karena masih banyak kekurangan sana sini. dan ditambah lagi informasi informasi terbaru yang bisa saya tulis.


4 komentar:

  1. Terima kasih, dari saya yang baca tahun 2018 :), kebetulah saya akan melakukan interview wsok, jdi gak ada salahnya googling dulu :D

    BalasHapus
  2. terima kasih artikel infonya mas/mbak

    BalasHapus
  3. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak masukannya

    BalasHapus