Translate

Rabu, 26 Februari 2014

Menentukan Jobfair yang tepat untuk di kunjungi

Seperti yang kita ketahui akhir akhir ini jobfair dmana mana, ada yang bayar ada juga yang gratis, ada yang berisi ada juga yang bullshit, bagi kalian kalian yang lelah dengan tipu daya jobfair yang makin lama makin tidak beres, tipu daya seperti apa? ya misalkan kita udah jauh jauh dari bandung atau luar jawa harus mendatangi jobfair di jakarta demi sesuap nasi, dan ternyata disana jobfairnya hanya menyediakan perusahaan perusahaan futures yang mencari broker, tidak salah sih, hanya saja itulah yg dikeluhkan jobseeker akhir akhir ini tentang jobfair. karena hal tersebut, kita harus memeriksa beberapa hal untuk mempermudah kita dalam memperioritaskan waktu, tenaga dan tentunya biaya.

Hampir setiap bulan jobfair selalu diselenggarakan, namun, kapankah waktu yang tepat untuk mengunjungi jobfair yang tepat, padahal para jobseeker harus mencari duit bukan melakukan investasi tanpa hasil.

1. Penyelenggara 
wat? siapa penyelenggara? mungkin yang memperhatikan ini hanya para jobseeker yang sudah senior dalam dunia per-jobfair-an dalam hal ini mungkin saya bisa berikan badge advance dalam level jobseeker. perlu disadari dan diketahui bahwa tidak banyak jobseeker kurang paham penting nya penyelenggara sebelum merasakan antrian dan kunjungan yang tidak penting, sehingga merasa rugi waktu, tenaga dan duit tentunya, namun demikian, sekarang beberapa penyelenggara sudah paham bagaimana menyelenggarakan jobfair yang nyaman dan tepat bagi para jobseeker yang mungkin mayoritas adalah fresh grade, beberapa yang sudah terkenal akan profesionalismenya dalam mengadakan jobfair adalah Garuda Organizer dan Jobstreet.com. garuda organizer terkenal dengan antrian yang rapih dan input soft copy CV yang cepat. dan jobstreet.com yang selalu menghadirkan perusahaan perusahaan besar dan input jobstreet ID yang mudah jika sudah buat dirumah tentu nya. Saya sangat merekomendasikan Jobfair jika diselenggarakan oleh mereka. jika yang menyelenggarakan selain mereka, silakan perhatikan hal selanjutnya.

 
2. Partisipan
Tentunya! beberapa jobseeker yang sudah aga lama dalam dunia per-jobfair-an akan langsung memperhatikan siapa perusahaan yang akan dikunjunginya, jika anda memperhatikan hal ini, selamat anda mendapatkan badge intermediate sebagai jobseeker. ada beberapa pertanyaan yang bisa anda analisa dalam partisipan ini sehingga anda dapet menemukan jawabannya sendiri.
pertama adalah "siapakah partisipan yang paling terkenal?" biasanya rata rata jobseeker akan melihat perusahaan besar, seperti Pertamina, BRI, BNI, Astra International, dll. mengapa demikian? karena para jobseeker intermediate ini berfikir bahwa perusahaan besar yang berpartisipasi di jobfair ini akan memancing perusahaan besar lainnya untuk berpartisipasi. kenapa dapat memancing? karena perusahaan besar dapat memancing jobseeker yang memiliki kepercayadirian yang cukup tinggi pula dalam kecerdasaan dan pengetahuannya untuk melamar di perusahaan besar tersebut, sehingga beberapa perusahaan besar yang melihat peluang tersebut pasti akan berpartisipasi. 
Pertanyaan kedua adalah "Apakah partisipan mencari jurusan saya?" hal ini perlu dipertanyakan karena di beberapa jobfair memang di fokuskan untuk fakultas teknik saja atau akuntansi saja atau, politik saja, dan IT saja, bahkan yang paling menyebalkan adalah lowongan any graduate untuk marketing atau sales, atau bisnis consultant atau apapun namanya yang mengarah ke futures yang jenjang karir nya tidak jelas.     meskipun ada kemungkinan buka lowongan jurusan lain, anda dapat menilainya sendiri nilai worth it nya dengan tingkat kegentingan anda dalam mencari kerja, jangan sampai anda masuk posisi yang tidak anda harapkan, jika bingung, mungkin dapat dipertimbangkan dengan hal selanjutnya.

3. Lokasi
Jakarta dan Bandung adalah tempat favorite para penyelenggara, selain karena partisipan yang memang banyak, para jobseeker yang mengunjungi pun sangat banyak bahkan di luar kota dan pulau sekalipun, selain sebagai ajang untuk berlibur atau ketempat sanak saudara, kerabat ataupun teman lama. meski demikian tidak sedikit jobfair diselenggarakan di Medan, Jogjakarta, Surabaya, dan Semarang.
jika Anda termasuk jobseeker berkualitas, anda dapat mencoba berkunjung di jobfair ITB, UNPAD, UI, karena pesaing jobseeker andapun adalah orang orang luar biasa, dan perusahaan bagus biasanya berpartisipasi untuk mendapatkan orang terbaik di kampus kampus tersebut. Jika anda lulusan D3 biasanya sangat banyak lowongan di Jobfair yang berlokasi di Mall ataupun Trade Centre seperti Blok M Square, Artha Gading, Pusat Grosir Cililitan (PGC), Dan Lain Lain. pertimbangan lainnya adalah sesuaikan dengan jarak tempuh anda dari rumah, biaya transport, waktu dan tenaga yg dibutuhkan, jika anda termasuk jobseeker yang masih mempertimbangkan Lokasi saja dalam mempertimbangkan kunjungan jobfair, maka anda termasuk Beginner Jobseeker.
4. Investasi
dan yang paling penting adalah investasi! mengapa ada yang gratis dan ada yang bayar? biasanya tergantung dari penyelenggara dan sponsor. rata rata penyelenggara Garuda Organizer dan Jobstreet adalah jobfair berbayar namun worth it, nyaman dan berkualitas, banyak di luar sana jobfair berbayar dan tidak worth it. tidak worth it disini seperti antrian yang tidak teratur, stand perusahaan mayoritas di kuasai oleh perusahaan futures dan asuransi, gedung yang tidak difasilitasi ac, tidak ada pembatasan quota pengunjung yang menyebabkan keramaian, crew yang tidak profesional, parkir kendaraan yang sulit, akses transportasi yang jauh, partisipan yang tidak terkenal, penawaran kerja dari partisipan yang tidak cocok, dan lain sebagainya.
apakah anda termasuk yang berat dalam mengeluarkan investasi? berkunjunglah ke jobfair yang berkerjasama dengan Mall atau trade centre biasanya Gratis, dan beberapa tempat lain dengan sponsor yang murah hati, biasanya perusahaan web lowongan kerja baru. terkadang pemerintah juga ikut berpartisipasi dalam jobfair jobfair gratis, dan menyediakan lowongan lowongan yang berkualitas. sepengalaman saya mengunjungi jobfair gratis, tidak banyak berbeda dari jobfair berbayar. semuanya bergantung dari hoki anda masing masing... -____-;

demikianlah hal hal yang harus diperhatikan dalam menentukan jobfair untuk dikunjungi, semoga bermanfaat. akhir kata, tetap semangat mencari kerja, tebar senyum dan kekuatan anda, salam jobseekers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar